Peringatan HUT Kota Tenggarong Ke-242 Ditandai Pembukaan Selubung Foto Aji Imbut Dan Ziarah Makam Raja Kutai

Selubung foto Aji Imbut dibuka Pjs Bupati Kukar beserta kerabat Kesultanan Kutai dan Forkopimda
(Foto: Awal Pratama) 

Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tenggarong ke-242 ditandai dengan ziarah ke makam Aji Imbut di komplek pemakaman raja-raja Kutai, Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu (28/09/2024).

Rangkaian ziarah diawali dengan pembacaan riwayat kota Tenggarong oleh Camat Tenggarong Sukono, dimana kota yang pernah bernama Tangga Arung didirikan oleh Aji Imbut gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin yang memerintah kerajaan Kutai pada tahun 1780-1816.

Sebelum ziarah dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembukaan selubung foto Aji Imbut oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar Bambang Arwanto didampingi kerabat kesultanan dan unsur Forkopimda. Kemudian dilaksanakan peletakan karangan bunga lompo serta pembacaan doa di makam pendiri Kota Tenggarong itu.

Berikutnya ziarah ke makam Sultan Kutai ke-20 Aji Muhammad Salehoeddin II dan isteri yang berada dalam satu komplek dengan makam Aji Imbut. Lalu dilanjutkan ziarah makam Sultan Kutai ke-16 Aji Muhammad Salehuddin, Sultan Kutai ke-17 Aji Muhammad Sulaiman, Sultan Kutai ke-18 Aji Muhammad Alimuddin, dan Sultan Kutai ke-19 Aji Muhammad Parikesit. 

Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-21 Aji Muhammad Arifin dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Muhammad Hazli gelar Pangeran Satya Yaksa mengatakan, ziarah ini dapat mencerminkan kepada semua pihak untuk dapat melakukan refleksi, instropeksi, sekaligus berkontemplasi atas kontribusi peranan masing-masing dalam membangun kota Tenggarong.

"Sebagai generasi penerus kita semua patut memberikan penghormatan dengan berziarah dan melafalkan doa sembari berharap semoga Allah SWT menempatkan mereka pada tempat terbaik di sisi-Nya," ucapnya.

Pjs Bupati Kukar bersama kerabat kesultanan meletakkan karangan bunga lompo di makam Aji Imbut
(Foto: Awal Pratama)

Lanjut dia, ziarah makam para raja yang merjadi rangkaian dalam pelaksanaan Erau Adat Kutai 2024 turut memberikan kesan yang mendalam bagi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Dimana pada pembukaannya (Opening Ceremony Erau 2024) diawali dengan sabda Pandika Ratu Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-21, hal ini memuliakan simbol-simbol kesultanan yang akhirnya bagian dari upaya untuk menjaga marwah kesultanan," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto mengajak seluruh generasi penerus untuk memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pendahulu yaitu para Raja atau Sultan Kutai khususnya kepada Aji Imbut pendiri kota Tenggarong yang telah meletakkan dasar dan kemajuan daerah yang dapat dinikmati hingga kini.

"Salah satunya dengan menziarahi makam dan berdoa agar Allah SWT memberikan mereka tempat yang terbaik disisi-Nya," ucapnya.

Selaku Pjs Bupati Kukar, dia pun mengajak agar di hari jadi Kota Tenggarong ke-242 ini dapat dijadikan momentum untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu.

"Bahwa kita adalah salah satu generasi kebanggaan, generasi yang terus memperjuangkan segala cita-cita dan harapan mereka," cetus Bambang. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top