Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Kukar 2024 Ditetapkan

Paslon peserta Pilkada Kukar 2024-2029 menunjukkan nomor urut hasil sidang pleno KPU Kukar
(Foto: Endi)

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah-Rendi Solihin mendapatkan nomor urut 1, Awang Yakoub Lutman-Akhmad Zais mendapatkan nomor urut 2, sedangkan Dendi Suryadi-Alif Turiadi mendapatkan nomor urut 3.

Nomor urut tersebut didapatkan masing-masing paslon dalam Rapat Pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar Tahun 2024-2029 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Senin (23/09/2024) pagi tadi.

Dalam sidang pleno yang digelar di kantor KPU Kukar di kawasan Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, masing-masing calon Wabup diberikan kesempatan untuk mengambil nomor antrean pencabutan nomor undian terlebih dahulu..

Dari hasil pencabutan nomor antrean ini, calon Wabup Rendi Solihin mendapatkan nomor lebih kecil dan berkesempatan mengambil nomor urut pertama, disusul Alif Turiadi, dan terakhir Akhmad Zais.

Nomor urut yang telah ditetapkan dalam sidang pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan inilah yang dijadikan dasar dalam pemilihan Pilkada Kukar yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Cabup Edi Damansyah yang diberikan kesempatan pertama menyampaikan sambutan berdurasi 10 menit berharap, nomor urut yang didapat merupakan pertanda baik jika ia bersama Rendi Solihin akan mendapatkan kembali amanah masyarakat Kukar.

"Kami mengajak seluruh pendukung dan para relawan dalam kerja politik dilapangan agar tidak membangun narasi-narasi yang memojokkan atau menjelekkan pihak lain. Kita berkomitmen bahwa gerakan politik kita adalah gerakan politik riang gembira," cetusnya.

Sementara itu, Awang Yakoub Lutman menyebut jika dirinya dan Akhmad Zais telah ditakdirkan bersama-sama. 

"Bahwa kami ditakdirkan membawa dua layar yang telah terbuka membawa kapal besar Kutai Kartanegara. Insya Allah akan berkembang untuk memenangkan dan menyenangkan rakyat Kutai Kartanegara," ucapnya.

Sedangkan Dendi Suryadi meyakini jika pada saatnya nanti dia bersama Alif Turiadi akan dipilih rakyat. 

"Kepada seluruh masyarakat Kutai Kartanegara jalankan hak pilihnya dengan cerdas memilih pemimpin yang meniatkan untuk memimpin secara bersih, bebas dari praktek-praktek korupsi, bebas dari niat-niat yang tidak melayani," tandasnya.

Usai pengundian dan penetapan nomor urut, sidang pleno ditutup dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh masing-masing paslon dan parpol pengusul, serrta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar.

Sebagai informasi, Paslon Edi Damansyah-Rendi Solihin diusung parpol pengusul yakni PDI Perjuangan, Partai Demokrat, serta Partai Gelombang Rakyat Indonesia. Sementara Awang Yakoub Lutman-Akhmad Zais maju melalui jalur perseorangan, sedangkan  Dendi Suryadi-Alif Turiadi melaju dengan dukungan Partai Nasdem, PKS, PAN, PKB, Golkar dan Gerindra. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top