Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan PT Pertamina Hulu Indonesia Menjaga Mimpi Ahmad untuk Menjadi PNS


Jakarta – Dukungan Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) membuka jalan bagi Ahmad Fauzan, siswa SMA Negeri 1 Marangkayu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Program beasiswa penuh dari PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), bekerja sama dengan Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana, tersebut memberikan kesempatan Ahmad untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Ahmad berhasil diterima di Program Studi Statistika, jurusan yang dia idamkan, di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Balikpapan. Selama ini, dia selalu menjaga mimpinya untuk mengenyam pendidikan tinggi. Ahmad berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya bekerja sebagai pedagang pasar tradisional, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga. Sejak duduk di kelas dua SMA, Ahmad memiliki motivasi kuat untuk menjadi PNS, mengikuti jejak saudara sulungnya yang bekerja sebagai PNS.

Semasa di bangku SMA, Ahmad aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler mulai dari basket hingga fisika yang membawanya meraih prestasi hingga tingkat olimpiade provinsi. Tidak hanya itu, ia juga mengikuti ekstrakurikuler olahraga India, Kabaddi, dan berhasil meraih medali perunggu dalam Lomba Hari Olahraga Nasional yang dihelat Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Samarinda.

BACA JUGADorong Lingkungan Kerja Inklusif bagi Perempuan, PT PHI Gelar Insightful Women Sharing Session 

Ahmad sangat tekun dalam merajut upayanya untuk menjadi seorang PNS, termasuk mencari berbagai informasi seputar beasiswa kuliah. Dia pun tak melewatkan informasi tentang Program BSBK di media sosial yang menjadi angin segar untuk mewujudkan cita-citanya. “Jalani saja apa yang sudah kamu mulai, dan jangan lupakan Tuhanmu karena yang berperan penting di sini adalah doa dari kedua orang tua dan juga kerja kerasmu,” kata Ahmad, menirukan pesan orang tuanya. Orang tuanya juga kerap berpesan, jika berhasil memperoleh beasiswa BSBK ini, Ahmad diminta tetap rendah hati dan tidak menjadi sombong.

Ahmad tak kuasa menahan rasa bahagia dan tangis haru bersama keluarganya ketika dirinya terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa BSBK. Secara spontan, orang tuanya memeluk Ahmad ketika mendengar kabar tersebut.

“Terima kasih kepada PT Pertamina Hulu Indonesia yang menggagas dan mendanai Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan ini karena sangat membantu dalam pembiayaan yang diperlukan oleh mahasiswa. Orang tua saya yang penghasilannya pas-pasan tentu sangat berharap anaknya dapat mengenyam pendidikan hingga lulus kuliah tanpa mengkhawatirkan soal biaya,” jelas Ahmad bangga.

Ahmad dan 14 putra-putri daerah terbaik Kalimantan lainnya terpilih sebagai penerima beasiswa penuh Program BSBK Tahun 2024. Di program beasiswa ini, bantuan biaya yang diberikan meliputi biaya pendidikan SPP/UKT, bantuan biaya hidup dan pendukung, bantuan biaya pengembangan kapasitas berwawasan lingkungan, Aksi Sobat Bumi dan Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI).

Tahun ini merupakan tahun perdana penyelenggaraan Program BSBK, salah satu program CSR flagship PHI di bidang pendidikan, guna mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045 melalui pengembangan SDM berkualitas. Penyelenggaraan Program BSBK ini sepenuhnya didukung anak-anak perusahaan PHI, yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), dan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Manager Communication Relations & CID PHI, Dony Indrawan, menjelaskan bahwa Program BSBK dirancang untuk membantu putra-putri Kalimantan mewujudkan harapan dan menyongsong masa depan yang lebih baik. “Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen PHI untuk terus berkontribusi terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan cara memberikan peluang dan akses bagi putra-putri daerah yang potensial, terutama dari keluarga prasejahtera,” tutur Dony.

Selain itu, lanjut Dony, Perusahaan senantiasa menjalankan program CSR di bidang pendidikan yang mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Tujuan 4 tentang Pendidikan, Tujuan 7 tentang Energi Bersih dan Terjangkau, dan Tujuan 13 tentang Penanganan Perubahan Iklim karena penerima beasiswa akan terlibat dalam aktivasi Sobat Bumi. (*)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top