Dispar Kukar Gelar Workshop Video Editing dan Social Media Handling Bagi Pelaku Ekraf

Faisal_vfx konten kreator Kukar menjadi narsum workshop video editing dan social media handling
(Foto: Endi)

Tenggarong - Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan program sinergi ekonomi kreatif di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong.

Peluncuran program ini ditandai dengan workshop video editing dan social media handling bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) sub sektor kuliner/kriya/fesyen yang berlangsung dari 17-18 Oktober 2024.

Dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kukar Antoni Kusbiantoro, program tersebut merupakan inovasi untuk memajukan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Kukar.

"Dengan cara berkolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif dengan fotografer tersertifikasi, tentu saja sebelum kolaborasi ini kita lakukan pembinaan-pembinaan," jelas Antoni.

Nantinya peserta ekraf juga akan mengikuti pelatihan digital marketing secara zoom/daring pada 22-23 Oktober 2024 dengan nara sumber yang berasal dari lembaga sertifikasi profesi.

"Kemudian dilakukan uji sertifikasi kompetensi digital marketing secara tatap muka pada tanggal 25 Oktober 2024," bebernya.

Selanjutnya pada 27 Oktober hingga 09 November 2024 dilanjutkan dengan praktek kolaborasi antara pelaku ekraf sub sektor kuliner/kriya/fesyen. Antoni berharap, pelaku ekraf yang sudah dilatih dan tersertifikasi akan memiliki skil atau kemampuan dalam mempromosikan produknya di media sosial.

"Nanti bahan promosi atau produknya tersebut akan kita kolaborasikan dengan fotografer bersertifkasi yang akan memberikan materi kepada pelaku ekonomi kreatif, sehingga ada sinergi," sambung dia.

Kegiatan ini sendiri diikuti sekitar 35 orang peserta dengan berbagai latar belakang, termasuk dari kalangan difabel binaan Dinas Sosial, serta binaan Dinas Koperasi dan UKM Kukar.

Antoni menambahkan, workshop video editing dan social media handling menghadirkan konten kreator Kemal dan Faisal sebagai nara sumber. Faisal dikenal di media sosial dengan nama faisal_vfx dan dijuluki Zach King Indonesia.

"Bung Faisal ini kan salah satu pemuda dari Kutai Kartanegara, harapannya bisa memotivasi peserta ekraf agar menjadi ahli di bidangnya," tandas Antoni. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top