Open Race Balap Ketinting Bakal Meriahkan Erau Adat Kutai 2024


KUTAI KARTANEGARA - Open Race Balap Ketinting dalam rangka memeriahkan dan menyemarakan Erau Adat Kutai tahun 2024 akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kukar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2024 ini akan ada 3 kelas Balap Ketinting yang diperlombakan dan dijadwalkan berlangsung mulai  21-22 September 2024 mendatang di area dermaga Pulau Kumala, Tenggarong.

Sebagaimana disamapaikan Sekretaris Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kukar Fairuzzabady, Jumat (13/9/2024) siang, balap ketinting ini memang rutin digelar pada setiap perhelatan Erau dan merupakan olahraga tradisional yang ditunggu oleh masyarakat umum.

Dia mengungkapkan, olahraga tradisional tersebut merupakan ajang yang bergengsi bagi penghobi balap ketinting di Kutai Kartanegara khususnya dan Kalimantan Timur umumnya.

"Balap ketinting ini memang sangat ditunggu oleh masyarakat umum di saat perhelatan Erau, pasalnya olahraga ini sangat bergengsi," ujar Fai sapaan akrabnya.

Adapun 3 kategori kelas tersebut yakni, kelas piston maximal 75mm pemula, kelas piston maximal 75 umum dan kelas piston maximal 94 umum, dengan menggunakan mesin all merk pabrik maupun boreup.

"Sebelumnya hanya 2 kelas saja, namun di tahun 2024 ini menjadi 3 kelas dan utuk mesin yang digunakan balap sesuai kelasnya, all merk pabrikan maupun boreup," sambungnya.

Dikatakan Fai, hadiah yang akan diperebutkan para pembalap ketinting di masing-masing kelas sangat fantastis, dengan total nilai sebesar Rp 95 juta .

Bagi juara pertama akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah, sedangkan juara kedua 8 juta rupiah dan juara ketiga 6 juta rupiah.

Bahkan bagi pembalap ketinting yang menempati juara keempat juga akan mendapat uang pembinaan senilai Rp 4 juta, sedangkan juara kelima berhak menerima Rp 2 juta, serta juara keenam Rp 1 juta.

"Pada open race balap ketinting tahun 2024 ini, kami dari Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kukar sebagai panitia pelaksana, dan untuk pendanaannya melalui anggaran Dishub Kutai Kartanegara yang dianggarkan pada tahun 2023 kemarin," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan total hadiah tersebut, tidak menutup kemungkinan para embalap dari berbagai daerah khususnya di Kukar dan umumnya di Kaltim bahkan Kaltara bakal hadir.

"Dan open race ini gratis alias tidak dipungut biaya pendaftaran," jelas fai lagi.

Dirinya juga menegaskan, tujuan dari open race balap ketinting ini sendiri adalah untuk menyalurkan hobi dan bakat para pembalap ketinting di wilayah Kukar khususnya dan Kaltim umumnya, serta untuk membangkitkan semangat berolahraga dan meminimalisir aksi-aksi negatif serta permasalahan sosial seperti penyalahgunaan narkoba maupun tindak kriminalitasnya, hingga membangun sinergitas, kepedulian dan solidaritas antar pembalap.

Selain itu, open race balap ketinting ini juga sebagai sarana ajang silaturahmi serta wadah berbagi pengalaman seputar olahraga ketinting dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Fai berharap, melalui open race balap ketinting ini juga dapat melahirkan pembalap ketinting yang handal, serta bisa mengharumkan nama Kukar di kancah nasional.

"Sebagai informasi saja, bahwa ada beberapa pembalap ketinting yang berasal dari Kukar acap kali mengikuti kejuaraan balap ketinting di Pulau Sulawesi, bahkan ada yang pernah menjadi juara," ungkapnya.

Perahu ketinting merupakan alat transportasi yang digunakan sebagian besar oleh masyarakat di Kaltim umumnya dan Kukar khususnya, serta menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan masyarakat diperairan, sehingga balap Ketinting bersifat universal yang bisa diterima dan disukai masyarakat secara global tanpa membedakan gender.

Terkait event balap ketinting ini sendiri kata Fai, di setiap pertandingan akan ada emosi dan semangat yang dibawa sehingga mampu memikat perhatian banyak orang tanpa memandang golongan dan kelompok.

"Balap ketinting seakan menjadi candu, kita bisa melihat di beberapa tempat balap ketinting merupakan salah satu olahraga yang paling sering dimainkan secara professional," tandasnya. (*/kn/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top