Jelang Pilkada Serentak 2024, Doa Bersama Lintas Agama Digelar di Taman Kota Raja

Kegiatan doa bersama lintas agama jelang Pilkada 2024 di Kukar digelar di Taman Kota Raja
(Dok. Humas Polres Kukar)

Kegiatan do'a bersama lintas agama dalam rangka menciptakan kamtibmas aman, damai dan kondusif pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) digelar di Taman Kota Raja Tenggarong, Rabu (18/09/2024) malam.

Kegiatan ini dihadiri berbagai unsur, mulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), lembaga penyelenggara dan pengawas Pemilu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, hingga tim pemenangan masing-masing pasangan calon (Paslon) Bupari Kukar 2024-2029.

Kapolres Kukar Heri Rusyaman dalam sambutannya menyampaikan, doa bersama lintas agama dari perwakilan agama Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu dan Budha ini merupakan ikhtiar bersama dalam memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa untuk keselamatan bersama.

Lanjutnya, selain sebagai ungkapan rasa syukur, acara doa bersama lintas agama ini juga merupakan momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan tali persaudaraan, sehingga dapat memperkokoh solidaritas serta kesetiakawanan sosial.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat dan para tokoh agama di wilayah kabupaten Kukar untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada yang jujur, aman dan damai, dengan turut serta merawat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menangkal segala bentuk ujaran kebencian, berita hoax dan isu sara yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

"Tahapan Pilkada Kukar Tahun 2024 saat ini sudah berjalan. perlu komitmen kita bersama semua pihak untuk mengedepankan terwujudnya situasi yang aman dan kondusif di setiap tahapan pilkada. khususnya komitmen dari para tokoh agama, tokoh politik di Kabupaten Kukar, dan juga dari seluruh pihak penyelanggara Pilkada, tentunya kita semua pasti ingin wilayah Kukar yang damai dan kondusif," ujanya.

Oleh karena itu dia menekankan ke semua pihak agar dalam melaksanakan kontestasi Pilkada menunjukkan sikap politik yang dewasa dan mengedepankan kekeluargaan untuk mencegah konflik, sehingga dapat mewujudkan Pilkada yang lancar, aman, damai dan sejuk.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan dukungan dan kerja sama dari seluruh masyarakat dan para tokoh agama kabupaten Kukar untuk bersama-sama memelihara kamtibmas guna mewujudkan situasi keamanan yang kondusif di wilayah Kabupaten Kukar khususnya menjelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024," pinta Kapolres.

Pihaknya menyadari sepenuhnya jika TNI-Polri tidak dapat bekerja sendiri dalam mensukseskan, menjaga dan mengatasi segenap tantangan tugas untuk menjaga kondusifitas di wilayah kabupaten Kukar. 

"Kami ingin bergerak, bersinergi bersama dengan seluruh komponen masyarakat dan terus mengharapkan adanya partisipasi dari seluruh tokoh agama dan masyarakat untuk menghadirkan kesejukan bagi seluruh masyarakat, karena sejatinya tokoh agama memiliki peran penting dalam struktur sosial masyarakat," cetusnya.

Diakhir sambutan, Kapolres meminta kepada para alim ulama, pemuka agama dan tokoh agama yang hadir agar membimbing dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada para jama'ah dan umatnya supaya saling hormat menghormati, menghargai perbedaan serta senantiasa menjunjung tinggi nilai toleransi dan perdamaian.

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi Damansyah dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten 2 Setkab Kukar Ahyani Fadianur Diani, menyerukan ajakan dalam menjaga proses pilkada aman, damai dan bermartabat, dimana hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama. 

"Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjadikan suasana Pemilukada yang sejuk dan damai," harapnya.

Senada dengan Kapolres dan Bupati Kukar, Dandim 0906/KKR Letkol Czi Damai Adi Setiawan berharap, kegiatan doa lintas agama ini dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Kukar.

"Saya yakin dengan kita bersama-sama menjaga Kamtibmas, Pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan Pemilu ini dengan aman dan damai," tandasnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top