Dukung Penataan Kota, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga dan Pemkab Kutai Kartanegara Resmikan Tugu Anggana



Anggana – PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara meresmikan Tugu Anggana di Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada 23 Agustus 2024. Tugu tersebut menjadi kebanggaan masyarakat sebagai tengara (landmark) pintu masuk utama Kecamatan Anggana, khususnya bagi masyarakat yang melintasi jalan poros Samarinda-Anggana.

Seremoni peresmian tugu tersebut dihadiri oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, Camat Anggana Rendra Abadi, Manager PHSS Field Iva Kurnia Mahardi, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kutai Kartanegara, para kepala desa di Kecamatan Anggana, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Manager PHSS Field Iva Kurnia Mahardi mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pemerintah setempat terhadap operasi Perusahaan selama ini. Iva menyampaikan bahwa pembangunan Tugu Anggana merupakan bantuan Perusahaan yang dijalankan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang infrastruktur guna mendukung pengembangan fasilitas dan wilayah di sekitar operasi Perusahaan.

Iva juga menambahkan, tugu tersebut akan menjadi simbol hubungan baik antara Perusahaan dengan pemerintah daerah yang harus dijaga sebagai bentuk kolaborasi untuk kemajuan masyarakat dan kebaikan bersama. “Pembangunan tugu itu berawal dari hasil diskusi dengan para pemangku kepentingan di Kecamatan Anggana untuk bersama-sama mengembangkan tatanan kota yang lebih baik.”

Tugu Anggana menampilkan ornamen udang dan ikan yang melambangkan salah satu mata pencarian utama masyarakat sekitar. Harapannya, tugu itu menjadi penyemangat bagi masyarakat sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal. Tugu ini menggunakan kayu ulin yang merupakan kayu asli dari Kalimantan.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengatakan bahwa pembangunan tugu ini merupakan salah satu bentuk komitmen penataan kota. “Kita harus menjaga hubungan kerja dan pola kerja sama yang baik antara pemerintah dan Perusahaan seperti ini,” imbuhnya.

Camat Anggana, Rendra Abadi, juga mengapresiasi kolaborasi dalam pembangunan tugu ini. “Tugu ini menggunakan salah satu material asli Kalimantan, yaitu kayu Ulin, yang dibantu oleh tokoh masyarakat setempat. Ini adalah bentuk kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat setempat,” ujar Rendra. Ide kerja sama ini terjalin sejak tahun 2023 dan pembangunannya dimulai pada awal tahun 2024.

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top