Bakti Sosial Otorita IKN bersama FKUI, Beri Pelayanan Kesehatan Mata dan Ibu Hamil di Nusantara

Otortita IKN bersama FKUI gelar bakti sosial berupa pelayanan kesehatan mata dan ibu hamil
(Dok. Humas Otorita IKN)

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Rumah Sakit Hermina, dan Mayapada Healthcare menggelar agenda Bakti Sosial di RSUD Sepaku pada Selasa (29/08/2024). Bakti Sosial ini dihadiri 146 warga dengan 110 warga memeriksakan kesehatan matanya dan 36 ibu hamil yang memeriksakan kandunganya, di mana agenda ini diikuti secara antusias oleh para warga.

Bakti Sosial dimulai dengan penyuluhan kesehatan mata dan lokakarya edukasi USG obstetri. Penyuluhan dan edukasi kesehatan mata bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mata, mengenali gejala gangguan penglihatan, dan pencegahan penyakit mata. Pasien pemeriksaan mata yang membutuhkan alat bantu penglihatan kacamata juga mendapat kacamata gratis dari program Bakti Sosial ini.

Sementara itu, pengantar singkat dan penyuluhan materi Antenatal Care (ANC) kepada tenaga medis berfokus memberikan pemahaman dasar kepada tenaga medis yang ada di Nusantara serta memperbarui pengetahuan peserta tentang topik seperti USG (Ultrasonografi) obstetri, memastikan informasi yang disampaikan relevan dan up-to-date. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga medis di Nusantara, tidak hanya dari Kecamatan Sepaku tetapi lima kecamatan lain di dalam delienasi Nusantara.

Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud nyata sinergi berbagai pihak dalam meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di Nusantara. "Kegiatan bakti sosial ini menghadirkan pemeriksaan kesehatan dan pemberian kacamata gratis, serta lokakarya bagi dokter dan tenaga kesehatan lokal di Sepaku. Ini adalah bukti nyata kehadiran pemerintah dan Otorita IKN dalam mendukung kesehatan masyarakat di Nusantara. Pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) tenaga kesehatan agar masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan secara menyeluruh," ujar Suwito.

Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Dokter Spesialis dan Subspesialis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, menyampaikan apresiasinya terhadap sinergi dan terlaksanannya agenda ini. "Kolaborasi ini mencerminkan komitmen kami dalam mengaplikasikan ilmu kedokteran serta pengabdian dari perguruan tinggi secara langsung dan memberi dampak nyata bagi masyarakat, khususnya masyarkat Nusantara yang membutuhkan," ungkap Prof. Em Yunir.

Sumiyem, Warga Desa Semoi 2 Sepaku menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan. "Kami sangat terbantu dengan adanya pemeriksaan gratis ini. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan dan bervariasi di bidang kesehatan lain," ujar Sumiyem.

Agenda Bakti Sosial ditutup dengan pemeriksaan ANC gratis bagi ibu hamil. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan fisik, pengecekan tekanan darah, pemantauan perkembangan janin, serta edukasi mengenai gizi, persiapan persalinan, dan perawatan pasca-melahirkan. Pemeriksaan ANC bertujuan untuk mendeteksi sejak dini masalah kesehatan, memberikan intervensi tepat waktu, dan memastikan kehamilan berjalan dengan aman dan sehat bagi ibu dan bayi.

Kegiatan Bakti Sosial ini mencerminkan langkah Otorita IKN dan para mitranya untuk terus memperluas akses dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di delienasi Nusantara, sekaligus mempererat jaringan antara masyarakat dan pemerintah dalam proses pembangunan Nusantara.

HUMAS OTORITA IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top